Sunday, April 27, 2008

Step by step Topsy Turvy


Step by step Topsy Turvy

Gambar 1

Kue yang saya pakai adalah brokus sebagai base cake dan butter cake orange sebagai topper.
Saya lupa foto basecakenya sebelum ditumpuk, tapi pada dasarnya sama saja.
Kita mulai dari topper cake aja ya...!
Siapkan 6 buah loyang kue ukuran 24cm, 22cm dan 20cm sebagai base cake dan ukuran 20cm, 18 cm dan 15 cm sebagai topper. Untuk setiap tier (tingkat), lapisan kue yang ukurannya paling kecil yang nanti posisinya di bawah. Jadi formasinya kalo dari bawah kira2 kayak gini: 24cm, 22cm, 20cm kemudian topper cake 20cm, 18cm dan 15cm. Untuk layer/lapisan kue uk. 24cm dan 20cm potong melintang lalu tumpuk dengan meletakkan sudut yang tipis dengan yang tipis. Sehingga cake akan menjadi miring. Dalam kasus saya untuk cake topper, ketika memanggang saya miringkan loyang. Jadilah penampakannya seperti di Gambar 1 (yang mana tidak saya anjurkan). Karena gak punya loyang bundar uk. 18 cm, saya menggunakan loyang uk. 20cm yang kemudian saya potong sisinya kurleb 2cm.

Gambar 2

Setelah cake dingin, tumpuk ketiga susun cake. Mau dibelah dua dulu lalu oles BC juga boleh. Kalo saya karena malas, jadi langsung tarik jabrix... hehehehehe

Gambar 3

Setelah ditumpuk, pinggiran cake dikikir (apa toh istilahnya, lupa! ngantuk.com). Supaya bentuknya bagus, gak patah2 lengkungannya.... Simpan kulkas sebentar. Oles tipis dengan BC. Untuk base cake, bagian atasnya dipotong 20cm, ini untuk meletakkan topper cake. Rapikan dengan BC, lalu tutup dengan fondant. Gambar 4 adalah topper cake setelah ditutup fondant.

Gambar 4

Gambar 5

Siapkan pipa (saya beli di Tbk Ani), setinggi base cake. Selipkan ke dalam base cake sebagai penyanggah. Bisa gunakan 3 - 4 pipa tergantung beratnya cake.

Gambar 6

Gambar 6 : Cake setelah ditumpuk dan siap untuk dihias.

Catatan:

  1. Pastikan tinggi setiap lapisan cake adalah 5 cm, supaya kesan asimetris pada konsep ini semakin jelas.
  2. Jangan mengoles BC terlalu tebal dengan alasan memperbaiki bentuk cake. Perbaiki bentuk cake dengan cara mengikir cake sebelum dioles BC.
  3. Selebihnya, boleh ditambahkan oleh teman2 yang sudah praktek... Terimakasih.

0 comments:

 

Cakes by Fi Fang Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
Cake Illustration Copyrighted to Clarice